Tutorial Lama, tapi gak apa apa lah. Kan jarang ada versi bahasa indonesianya.

1.

Hari ini agendanya quadcopter. Test pertama dicoba dulu lah pakai ardupilot. Nah kebetulan ardupilot yang digunakan versi 1, sekarang versi 2 lho yang keluar. Gambar di bawah ini adalah board yang saya gunakakan V 1 dengan prosessor AT MEGA 2560.


2.
Keadaan dari ardupilot perlu di test. Langkah paling gampang adalah menggunakan firmware yang sudah disediakan oleh DIY Drones. Berikut ini adalah link lengkap untuk Firmware Quadcopter.
http://firmware.diydrones.com/Copter/stable/
3.
Pilih firmware quadcopter, apm1-quad (boardnya versi 1). Langsung download file ekstensi .hex




4.
Hubungkan Ardupilot dengan komputer. Kemudian komputer akan mengenali sebagai port COM pada device manager (My computer -> klik kanan -> manage)


5.
Masalah yang sering muncul adalah komputer gagal untuk menginstall driver. Pastikan sistem operasi yang digunakan mendukung FTDI Chip. Contohnya adalah, saya mengalami masalah menginstall driver FTDI pada windows 7. Ternyata FTDI driver hanya dapat di install pada windows 7 32 bit, sedangkan komputer saya win7 64 bit.


6.
Langkah selanjutnya adalah mengupload file hex (firmware quadcopter). Karena bentuknya sudah hex gunakan tool xloader untuk mengupload datanya ke board. Nah ini kutipan singkat dari situs resmi xloader (http://xloader.russemotto.com/)
I’ve made a small program that can be used to upload your own *.hex files to arduino boards using the bootloader. That means you don’t need a flash programmer. I made it for my own use and found it pretty useful. So now I’ve made a more user friendly version..
To use it compile you’re code in something like AvrStudio. Then simply start XLoader.exe, pick a hex file and press upload. That’s it.
Good news it now also supports Arduino Uno.Hope you find it useful…  Please contact me about bugs or suggestions.
XLoader.zip v1.00 678kb
7. 
Upload firmware, jika firmware tidak berhasil di upload gunakan arduino compiler, upload sembarang program pada contoh. yang paling aman adalah "analog read serial". 

8.
Selanjutnya adalah fungsional tes dengan menggunakan Mission Planner pada pojok kanan atas.
Gunakan baudrate 115200, dengan com sesuai dengan device manager.


9. 

Selanjutnya adalah kalibrasi radio, pilih configuration tab pada Mission Planner. (Pastikan Radio terkoneksi dengan benar, dan ESC dilepas). (https://code.google.com/p/ardupirates/wiki/RC)
Pada Radio Calibration, di sisi kiri tekan calibrate radio pada pojok kanan bawah lalu gerakan tuas kontrol pada RC.




0 Komentar